Pengantin Baru Wajib Tahu Tips Mempertahankan Rumah Tangga Ini Agar Awet!

Sahabat Ranti, mengarungi biduk rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Ada kalanya rumah tangga yang kita bangun dengan susah payah menabrak karang besar dan mengancam keutuhan keluarga. Dalam hal ini, baik suami atau pun istri harus saling tolong menolong agar rumah tangga bisa bertahan lama. Sang suami harus berperan aktif dalam menahkodai rumah tangga dengan memberikan contoh yang baik bagi istri serta anak-anak agar keluarga selalu diridhoi oleh Allah. Namun demikian, hal ini juga harus didukung oleh peran istri juga dengan tidak menjadi pasif dengan cara menjadi ibu yang solehah dan memberikan hak suami serta keluarga dengan baik. Sejujurnya ini bukan hal mudah karena banyak sekali rintangan yang harus dilalui. Untuk sebuah akhir yang bagus, tentu saja ada pengorbanan yang harus dilakukan, termasuk tips mempertahankan rumah tangga ini.

Tips Mempertahankan Rumah Tangga Yang Wajib Ditaati Pasangan

Saling Menjaga Rasa Cinta

Sudah menjadi fitrah manusia bahwa kita sangat menyukai keindahan. Lalu kenapa tidak menjaga keindahan keluarga? Suami pasti akan sangat senang melihat istri selalu tampil cantik di hadapannya. Ini juga merupakan sebuah bentuk penghormatan istri karena selama ini suami menjaganya tanpa lelah. Begitu juga sebaliknya, tidak ada salahnya bila sang suami menjaga rasa cinta sang istri dengan membantu pekerjaan rumahnya. Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi sang istri selain pekerjaan rumahnya diringankan karena ia sudah 24 jam penuh merawat keluarga.

Tidak Memaksakan Perbedaan Dan Hilangkan Sikap Egois

Siapa pun ingin diperhatikan, siapa pun ingin didahulukan kepentingannya dan siapa pun sudah tentu terkadang merasa benar. Lumrah bila terjadi perbedaan pendapat dan sering kali ada perdebatan karena hal ini. Lalu kenapa kita tidak saling menjaga perasaan masing-masing? Tidak harus setiap waktu kita harus memaksakan pendapat, karena jika kita terus melakukannya pasangan juga bisa menyerah karena tidak kuat menghadapi sikap egois diri kita. Sesekali, kita wajib meletakkan sudut pandang di sisi lain. Bagaimana bila kita berada di sisinya, bagaimana perasaannya. Saling memantik bara api dan kemarahan hanya akan melukai diri kita sendiri.

Sering-sering Memeluk Pasangan

Kenapa harus sering memeluk pasangan? Karena memeluk memberikan energi positif. Saat marah atau kecewa, memeluk pasangan tanpa kita sadari justru meredakan amarah dan menyelesaikan persoalan. Memeluk pasangan merupakan bahasa yang tidak bisa diselesaikan dengan kata-kata. Ada banyak pasangan di dunia yang merasakan hal bagus dengan tips mempertahankan rumah tangga dengan cara memeluk.

Menjaga Kehormatan Diri Dan Pasangan

Sebagai seorang istri, kita tentu harus mampu menjaga harta benda di dalam rumah tangga, termasuk kehormatan suami. Menjaga pandangan, tidak keluar tanpa izin suami dan tidak mengumbar aib suami di depan orang lain adalah hal-hal mutlak. Untuk apa kita mengumbar kejelekan pasangan di mata orang lain, ini tidak ada bedanya dengan diri kita sendiri yang egois dan minta dimengerti.

“Tidak ada iman bagi orang yang tidak bisa memegang amanah dan tidak ada agama bagi orang yang tidak bisa dipegang janjinya,” (HR. Ahmad).

Begitu juga dengan sang suami, kehormatan istri adalah milik suami juga. Mendidik sang istri agar tidak berlebihan di luar rumah juga cerminan seorang pemimpin di dalam rumah tangga. Tidak ada tips mempertahankan rumah tangga selain saling menghormati dan menjaga kehormatan pasangan.

No Comments

Leave a Comment