Tips Mempertahankan Rumah Tangga Menurut Islam

Bagi sebagian orang yang telah berumah tangga terkadang sulit untuk mempertahankan keharmonisan. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor seperti waktu, beda pendapat dan adanya masalah ekonomi. Yang sering dialami oleh kebanyakan rumah tangga adalah faktor ekonomi. Faktor tersebut banyak yang menimbulkan masalah seperti perbedaan pendapat, prasangka dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas tentang tips mempertahankan rumah tangga menurut agama Islam yang bisa Anda lihat.

3 Tips Mempertahankan Rumah Tangga Menurut Islam

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk selalu menyayangi keluarga. Bagi yang sudah berumah tangga, penting sekali untuk selalu membuat suasana dalam keluarga selalu harmonis dan jauh dari masalah. Tetapi hal seperti itu sulit untuk dihindari, di dalam hubungan rumah tangga memang selalu ada percecokan tetapi masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik atau tidak tergantung pada pribadi masing-masing. Berikut ini ada 3 tips untuk mempertahankan rumah tangga menurut Islam.

  1. Jujur satu sama lain

Berkata jujur itu memang harus dilakukan di dalam suatu hubungan terlebih lagi jika itu adalah hubungan rumah tangga. Anda dan pasangan (suami/istri) harus saling jujur satu sama lain dan bisa terbuka. Bila ada salah satu yang berbohong, maka tak heran bila pasangan Anda pun juga akan melakukan hal yang sama hanya untuk menutupi kesalahan. Anda harus bisa berkata jujur dengan pasangan tak peduli apa konsekuensinya karena hal ini akan menjadi tolok ukur keharmonisan. Pasangan akan merasa dihargai bila berkata jujur daripada berbohong yang hanya akan menyelamatkan Anda sementara waktu saja. Di dalam Islam sendiri berbohong itu adalah salah satu dosa dan berbohong kepada suami/istri maka Allah akan menjauhkan rizki dari rumah tangga Anda.

  1. Selalu menyenangkan pasangan

Salah satu cara untuk mempertahankan keharmonisan di dalam rumah tangga berikutnya adalah selalu menyenangkan pasangan. Bagi seorang istri sudah menjadi suatu kewajiban untuk selalu menyenangkan suami baik itu menyenangkan lahir maupun batin. Contohnya selalu memasak makanan kesukaan suami, melayaninya dengan baik, patuh terhadap suami. Pun begitu pula suami juga wajib untuk menyenangkan istrinya seperti selalu memujinya, memberikan waktu dan kasih sayang yang banyak, membelikan istri baju atau barang kesukaannya. Hal tersebut sangat dibutuhkan demi utuhnya rumah tangga dan Anda akan dijauhkan dari prasangka buruk.

  1. Saling memahami

Dua orang yang berbeda latar belakang hidup di dalam satu atap memang tidaklah mudah. Anda akan selalu didatangi oleh masalah perbedaan pendapat tetapi jika Anda dan pasangan bisa saling memahami satu sama lain, Anda akan terhindarkan dari percecokan setiap harinya. Sikap saling memahami itu sangat diperlukan demi keharmonisan keluarga. Contohnya bila suami ingin melakukan sesuatu yang besar, sang istri wajib diberitahu dan dimintai pendapat supaya nantinya tidak akan terjadi pertikaian karena perbedaan pendapat dan pemahaman. Berikut kami cantumkanĀ Apa Hukum Wanita Bekerja di Luar Rumah Menurut Islam yang perlu anda ketahui juga.

Selain ketiga tips di atas masih ada tips lainnya seperti selalu percaya, mencari solusi masalah bersama-sama dan selalu memanggil pasangan dengan panggilan sayang. Hal tersebut bisa mempengaruhi keharmonisan dalam berumah tangga dan akan terhindarkan dari percecokan. Menggabungkan dua insan menjadi satu memang tidak mudah dan perlu proses sehingga suami dan istri harus saling bekerja sama satu sama lain supaya tercapainya kebahagiaan. Semoga tips di atas bisa membantu dan bisa Anda lakukan di rumah bersama pasangan.

No Comments

Leave a Comment